Gaya millenial belanja Al-Qur'an dan produk Islami

Arti Hafidz Quran dan Apa Pengertian dan Perbedaan Tahfidz, Hafiz, dan Hamalaturl Qur’an

Bicara soal apa arti hafidz Quran atau Al-Qur’an yang sebenarnya maka lebih tepat kalau kita menganalisa secara bahasa apa pengertian hafidz dan tahfidz. Serta perbedaan hafidz dan hamalatul qur’an.

Jadi kata yang diterjemahkan sebagai ‘penghafal Al-Qur’an’ ini sebenarnya kata murni dari bahasa Arab. Sehingga kita akan lebih mudah memahami perbedaan defenisinya dari menimbang kata dasarnya.

Walau belakangan ini banyak orang yang menyandang nama dengan gelar AH atau Al-Hafidz di belakang namanya, tapi bukan berarti semua orang sudah paham apa makna kata tersebut.

Bila kata ini disebut, sebenarnya hal utama yang dirujuk adalah muslim yang telah selesai menghafal 30 juz dan telah melalui proses wisuda atau khataman dari gurunya.

Namun yang jadi pertanyaan sebenarnya, banyaknya istilah yang hampir mirim dengan ini. Sebut saja, huffadz, hafidzah, tahfidz dan lain sebagainya. Nah, inilah yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Arti Hafidz Quran (Penghafal)

arti hafid quran huffadz hafidzah tahfidz

Sebelum itu saya mau meluruskan dulu. Kalau ada yang bertanya ‘apa perbedaan hafiz dan hafidz?’ Sebenarnya kalau yang ini sama saja.

Yang satu menulis Dhlo atau Dzo (ظ) dengan tambahan huruf ‘d’ dan satunya lagi tidak. Maksud keduanya sama, yaitu ingin menulis dalam bahasa Indonesia dari kata حافظ

Makna dari kata حَافِظ ini adalah ‘orang yang menjaga’ atau ‘orang yang menghafal’. Ini merupkan isim fail dari kata dasar di bawah ini.

Kata dasar dari kata Arab di atas adalah حَفِظَ يَحْفَظُ

Adapun arti dari kata dasarnya di atas, yaitu ‘menjaga’ atau ‘menghafal’.

Tapi kalau kita mau rinci defenisi dari kata ini dalam kamus, maka sebenarnya banyak sekali, di antaranya adalah:

1. menyimpan, memelihara, menjaga, melindungi, mengurus, menyelamatkan, mengawetkan;
2. mengamati, mematuhi, mentaati, merespon, menghormati;
3. menghafal, belajar dalam hati, menghafalkan

Berbeda halnya dengan kata Huffaz atau huffadz, kata ini sendiri merupakan jamak dari kata hafidz di atas, yang artinya banyak penghafal Al-Qur’an.

Adapun untuk sebutan penghafal al-qur’an wanita adalah haafidzah (حَافِظَةٌ). Bedanya adalah dengan tambahan ta’ marbutah di akhir katanya.

Ada lagi istilah lainnya, yaitu apa arti hamalatul qur’an?

Hamalah berasal dari kata حَمَلَ يَحْمِلُ

ِArti kata hamala sendiri adalah ‘membawa’. Sedangkan kalau dikatakan hamilul Qur’an maka artinya orang yang membawa, dalam artian menghafal, Al-Qur’an dalam hati dan pikirannya. Hanya saj makna kata ini lebih dalam dari kata hafidz, dimana bagi hamil ia bukan cuma menghafal tapi juga mengamalkan isi kandungan Qur’an dalam keseharian mereka.

Pada dasarnya, hafidz terbaik adalah yang bisa menunjukkan akhlaknya sebagai akhlak Al-Qur’an. Bukan cuma menghafal ayat-ayatnya, tapi juga bisa mengikuti gaya hidup Rasulullah.

Sebagaimana saat Aisyah ra. ditanya soal akhlak Nabi Muhammad, maka beliau menjawab bahwa akhlaknya adalah Al-Qur’an. Dengan kata lain, segala tindak tanduk Rasulullah senantiasa disandarkan pada Al-Qur’an.

Kembali soal pengertian hafidz di atas, bila artinya adalah menghafal, lalu mengapa kata hafidz langsung diterjemahkan penghafal Al-Qur’an.

Ya, ini hanya karena budaya saja. Karena disadur dari bahasa Arab dan hanya kata tersebut yang merujuk pada penghafal Al-Qur’an, maka cukup menyebut kata hafidz saja orang sudah tau kalau yang dimaksud adalah penghafal kalam Allah tersebut.

Itulah sedikit penjelasan soal Arti Hafidz Quran serta perbedaannya dengan kata serupa seperti hafiz, huffaz, tahfidz dan lainnya. Bila ada yang kurang jelas silahkan bertanya dan kunjungi channel kami: TrendQuran Family

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d blogger menyukai ini: