Gaya millenial belanja Al-Qur'an dan produk Islami

Alasan Kenapa Kentut Membatalkan Wudhu

Kenapa kentut membatalkan wudhu atau buang angin termasuk hal yang dapat membatalkan sholat? Termasuk hukum menahan kentut itu seperti apa dalam Islam atau ilmu fiqih?

Pertanyaan sederhana tapi perlu dijawab agar ibadah yang kita lakukan tidak terjadi was-was. Terlebih, wudhu juga menjadi penentu diterima tidaknya ibadah sholat seseorang.

Perlu diketahui, bukan cuma kentut, tidak membaca basmalah dan niat juga bisa jadi penyebab wudu jadi tidak sah. Tapi karena saat ini kita hanya membahas satu topik saja, jadi kita tidak perlu membahas alasan lainnya.

10 Alasan Kenapa Kentut Membatalkan Wudhu

Ada banyak alasan sebenarnya, mulai dari alasan ilmiah yang logis hingga dalil hadis Nabi dari berbagai riwayat.

Di bawah ini beberapa yang telah kami rangkum. Walau demikian, kami tidak mengatakan bahwa semua yang disebutkan adalah kebenaran. Hanya Allah swt. pemilik kebenaran yang sesungguhnya.

Catatan: Alasan selain hadis dan pendapat ulama, bisa diterima dan bisa juga diabaikan.

Kenapa kentut membatalkan wudhu yang dibasuh muka

  1. Hadis nabi dalam kitab Bulugul Maram

Berikut ini adalah alasan dalil yang menyebutkan bahwa kentut bisa membatalkan wudhu sehingga harus berhenti sholat dan mengulangnya.

Jadi, ini alasan yang paling penting kita yakini, bahwa Nabi saw. yang menganjurkannya. entah itu ada alasannya atau tidak, kalau itu sunnah maka laksanakan.

Dari ‘Ali bin Tahlq radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa di antara kalian kentut dalam shalat hendaklah ia membatalkan shalat, kemudian berwudhu dan mengulangi shalatnya.”

(HR. Abu Daud, Tirmidzi, An-Nasai dan Ahmad, disahihkan oleh Ibnu Hibban)

  1. Keluar sesuatu di dubur. Entah apakah meninggalkan bekas atau tidak

Ulama Fiqih membagi thoharoh dalam 2 jenis, yaitu thoharoh ‘Ainiyyah dan thoharoh Hukmiyah.

Thoharoh ‘ainiyyah adalah tharah yang tidak melampaui penyuciannya dari tempat sebabnya, seperti mencuci najis setelah buang air besar. Maksunya, karena pada saat kotoran itu keluar, ia hanya menimbulkan bekas di tempat keluarnya, sehingga yang harus dibersihkan hanya pada bagian itu saja.

Sedangkan thahorah hukmiyah, taharah yang melampaui penyuciannya dari tempat sebabnya. Maka hukumnya, kalau satu batal, maka yang lainnya ikut batal.

Seperti misalnya menyentuh perempuan yang bukan muhrim atau mahram. Walau hanya tangan saja yang menyentuh, maka semua bagian wudhu batal.

  1. Karena tidak menimbulkan bekas. Dan efek baunya mengenai anggota wudhu yang terbuka, sehingga harus wudhu.

Kenapa kentut yang dibasuh muka? Nah di atas inilah salah satu alasan logisnya. Karena pada saat kentut angin yang keluar tidak menimbulkan bekas di dubur, tapi efek bau pada tubuh.

Karena shalat adalah amalan suci dimana seorang hamba menghadap pada tuhannya maka wajar saja kalau ada protokol khusus saat menjalankannya.

  1. Alasan logisnya, ibarat jika anda sakit mata, maka yang disuntik pantat anda, bukan bola mata anda.

Artinya, yang dibersihkan adalah efek dari kentut tersebut, bukan tempat keluarnya karena tidak menimbulkan bekas.

Atau kalau kakimu sakit, maka yang berteriak mulutmu, bukan kakimu. Ini berarti tidak selamanya sebab sesuatu itu yang dijadikan objek, terkadang efek yang ditimbulkan lebih penting untuk ditangani.

  1. Ibarat lewat di tempat yang bau, maka baunya pasti akan tercium juga di badan Anda.

Atau contoh lain, teman2 duduk berdampingan dengan orang yang merokok / menghisap tembakau, maka baunya akan terasa pada anda juga.

Atau angaplah Anda lewat di tempat pembuangan sampah, maka jika baunya terlalu keras biasanya ia akan ikut terbawa di badan kita. Maka seperti itulah kita mengibaratkan alasan pembatalan wudhu karena kentut ini.

  1. Perumpamaan lain, orang yang berada di sebelah anda pada saat buang angin akan merasakan bau yang lebih dibanding anda sendiri yang kentut.

Maka pada saat anda kentut, bukan bagian duburnya yang terdampak, karena tak menimbulkan bekas, tapi bagian anggota wudhu yang terkena gas dari kentut tersebut. Seperti itulah hikmah wudhu kenapa kentut yang dibasuh muka.

  1. Karena gas yang keluar dari kentut melewati anus yang mana itu jajis sehingga harus dibersihkan.

Alasan ini termasuk alasan yang logis juga, karena gas yang keluar bukan angin biasa, tapi gas yang sudah melewati kotoran yang mana itu adalah najis. Jadi sangat wajar kalau kita diharuskan wudhu kembali karena alasan kentut.

Walau begitu, alasan itu juga masih bisa dibantah karena kalau begitu kenapa orang yang disamping kita tidak diwajibkan wudhu lagi, sedang dia juga terkena dampaknya?

  1. Karena proses pengeluaran racun dari tubuh itu bisa melalui pori pori kulit dan dua dubur yang ada di bawah.

Sejatinya, jika pori pori kita bersih dan sehat seharusnya gas yang dibawah oleh darah ke usus itu keluar melewati pori pori kulit. Nah itulah sebabnya kenapa wudhu batal ketika kentut.

Karena bisa jadi pada saat kentut pori-pori kita juga ikut mengeluarkan angin walau dalam intensitas yang sangat kecil dan tak terasa.

Asumsi ini dikutip dari salah satu postingan Facebook. Ini belum bisa dijadikan referensi utama, sampai ada hasil penelitian valid soal ini.

  1. Ibarat api dari korek gas, kalau kain di letakkan di ujung korek maka akan mudah terbakar, dibanding diletakkan di pangkal api dari korek tersebut.

Ini sering jadi permainan sulap juga. Artinya api yang keluar sejatinya jauh lebih besar efeknya yang jauh dari sumber apinya, dibanding dengan api yang berada dekat dengan sumbernya.

Nah kurang lebih seperti itulah kentut, orang yang berada di samping kita cenderung merasa lebih bau dibanding kita yang kentut.

Lagi-lagi, alasan ini juga hanya sebatas asumsi. Perlu penelitian lebih lanjut.

Sebelum alasan terakhir di bawah, coba simak dulu video terkait: https://youtu.be/0PprbSwa8EE

  1. Yakinlah semua ajaran Islam selalu ada alasan logisnya.

Jika belum tau alasannya saat ini maka bisa jadi generasi selanjutnya akan menemukan alasan ilmiyah yang paling tepat kenapa kentut membatalkan sholat atau harus wudhu lagi.

Sama halnya dengan larangan memakai perhiasan emas hanya bagi laki-laki dan tidak bagi perempuan. Ternyata hasil penelitiannya menunjukkan bahwa bagi laki laki dalam jangka waktu lama akan berpotensi terkena Alzheimer, yaitu semacam penyakit yang mengakibatkan turunnya kemampuan fisik dan ingatan.

Sedangkan bagi perempuan ada hormon tertentu yang bisa menangkal atom emas yang masuk dalam tubuhnya.

Sekian pembahsan kita soal kenapa kentut harus wudhu lagi atau kenapa kentut membatalkan wudhu? Soal kentut di rakaat terakhir dan lainnya kita bahas nanti. Silahkan tonton videonya juga di atas. Baca juga : Download Mushaf Al-Qur’an PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d blogger menyukai ini: